Wednesday, April 29, 2015

Pulau Ketawai | Bermain Dengan O M B A K


Berawal dari Omongan Iseng pengen naik perahu sekalian jalan2. Awalnya yang mau pergi 6 - 8 orang, ternyata yang berangkat akhirnya cuma ber 4 saja.
Ada banyak lokasi menuju Pulau Ketawai. Bisa dari Pelabuhan Kurau, Desa Batu Belubang, Pelabuhan Pangkal Balam dan dari desa Tanah Merah. Semuanya merupakan desa pesisir pantai.

Sekitar jam 10 Kami sudah di Pantai Tanah Merah, Posisi air laut sedang surut jadi harus jalan kearah tengah menuju perahu yang kami tumpangi.

Kapasitas perahu yang kami tumpangi sekitar 10 orang. Ketika berangkat yang ada di perahu orang 7. Kondisi laut yang tenang membuat perjalanan tidak mengalami kendala apapun. Sekitar 20 menit perjalanan akhirnya kami sampai.
Dalam Perjalanan
Dermaga Pulau Ketawai
Cuaca hari itu tiba2 mendung... kami menghabiskan waktu untuk berkeliling pulau yang tidak begitu luas. Pulau Ketawai dulu merupakan Milik Pribadi. Namun Sekarang dikelola oleh Pemerintah Daerah Bangka Tengah.

Hari sudah siang dan Matahari sudah berada tepat di atas kepala... walau Mendung aroma laut tetap membuat gerah, dan perut sudah berontak minta di isi. Kami hanya membawa Nasi putih dan Sambal saja, Jadinya kami harus mencari lauk. Sebagai Informasi di pulau tidak ada penduduk, Hanya ada 1 rumah milik penjaga pantai artinya tidak ada warung. Biasanya Banyak Pemancing disekitar pulau. dari mereka kami mendapatkan 3 ekor ikan segar yang bisa di bakar. Dengan alas Pasir dan Besi sebagai Pemanggang akhirnya kami menikmati Ikan Bakar.
Ikan Bakar
Makan Seadanya Tapi Nikmat
Selain itu kamipun mengambil Kelapa muda yang ada di pohon kelapa.... Semuanya Fresh...
Menjelang Sore ternyata Cuaca Semakin tidak bersahabat. Perahu - perahu akhirnya merapat semua ke Dermaga. Sepertinya kami blom bisa pulang sesuai jadwal jam 3.

Setelah menunggu 2 jam dan angin sudah reda akhirnya diputuskan untuk pulang ke Tanah Merah. Namun sepertinya butuh perjuangan ekstra deg2an perjalan pulang, karena angin bertambah kencang dan Perahu kami harus melawan Ombak. Jika perjalanan pergi cuma ditempuh selama 20 menit, perjalanan pulang ini harus dilewati 1 jam lebih diombang ambing ombak ditengah laut.
Selama Perjalanan semuanya merasakan kecemasan, namun semua memilih untuk diam. Alhamdulillah akhirnya sampai di daratan kembali ketika Adzan Maghrib Berkumandang.
Perjalanan yang memberikan kesan berbeda dari perjalanan sebelumnya :)

Dermaga Pulau Ketawai
Air Jernih Walau Mendung
Eh.. Iya... Kalau mau ke Pulau Ketawai bisa Sewa perahu. Perahu yang muat 30 orang biasanya 800rb, kalo cuma antar jemput dari Tanah Merah 100rb/orang. Yuks Ngetrip dan rasakan sensasi disetiap perjalanan.

No comments:

Post a Comment