Friday, August 5, 2016

Mbah Putri || Dari Ketupat Hingga Lagu Keroncong

Wisuda didampingi Ibu Bapak dan Mbah
Ramadhan sudah berlalu
Ketika Ramadhan banyak kenangan masa kecil silih berganti datang..
Terlebih Kerinduan dengan sosok Mbah Putri 
Mbah Putri





Kebiasaan Puasa sudah dilatih sejak dini ...
Tapi ketika kecil selalu ada syarat untuk puasa... Biasa anaak kecil masih ada Iming - Iming.
Namun ketika kecil Ibu Bapak Cukup tidak pernah kasih Iming - Iming berupa Uang atau Barang.
Karena  Permintaan anaknya ini cuma satu...
Diperbolehkan Tinggal dirumah Mbah dari Pihak Bapak...
Aku memang dekat sekali dengan Mbah dari Bapak...
Karena mungkin sejak kecil kemana - mana selalu dekat Mbah. sampai dewasa pun aq dekat dengan Mbah putri. Hingga akhirnya Mbah Berpulang di Tahun 2006... Ternyata Sudah 10 Tahun berlalu.

Ketika Ramadhan di rumah Mbah.. Selama bulan Ramadhan aku sama sekali gak mau Pulang kerumah.
Sampai segala keperluan aku diantar kerumah Mbah oleh Bapak Ibu.

Ramadhan datang artinya banyak permainan - permainan seru...
Mulai dari Tiap Habis Subuh.... Selalu main Sepatu Roda
Pulang sekolah Main Dagang - dagang atau main buah saga..
Meriam Bambu : Sumber Google

atau buat layangan sama mbah dan membuat tembakan dari Bambu.
Mulai sore ikut - ikutan Om sama tante Main Meriam dari Kaleng Biskuit..
Sepulang Tarawih Ikutan Main Meriam dari Bambu Gede..
Menyenangkan bukan ...
Masa Kecil gak pernah dijejali dengan Main Petasan...
Paling Banter main Kembang Api dan dilempar keatas Pohon.
Satu Lagi Membuat Lentera bambu ketika malam ke 21 atau disebut Likur..

Sosok mbah mungkin perannya lebih dari Ibu dalam mendidik...
karena waktuku lebih banyak dihabiskan bersama mbah.


Kesibukan Ibu sebagai Pengajar di sekolah lebih banyak waktunya di sekolah dibandingkan dirumah.
Bertemu Ibu jika sudah Sore...
Alhasil  kebanyakan menghabiskan waktu sama Mbah.
Mbah mengajarkan banyak Hal... Membuat Ketupat salah satunya.
Umurku 5 Tahun sudah belajar membuat ketupat
Jadi sampe sekarang Ketika Hari Raya Tiba tugas membuat kulit ketupat sudah pasti tanggung jawabku.

Menghabiskan waktu di dapur atau sekedar ngobrol sama Mbah gak pernah Bosan..
Walaupun cuma mendengarkan mbah cerita atau Memijat Mbah...
Mbah Suka sekali kalo aku Pijat... Enak Nduk pijatannya begitu kata beliau..
Sedangkan aku sama sekali gak suka dipijat ataupun minum jamu..

Satu Hal yang paling aku suka adalah Tiduran dipangkuan Mbah...
Kalo Sepulang sekolah Ngobrol sama Mbah sambil Mendengar Musik Keroncong..
Makanya dari kecil aku banyak Hafal Lagu - Lagu Keroncong
Bengawan Solo, Sapu tangan Merah Jambu, Sepasang Mata Bola, dan lain - lain


Oooh Ya... Aku Setiap Hari Menemani Mbah Putri
apalagi sejak tahun 1991 Mbah Lanang Berpulang.
Tapi Aku gak pernah menginap setelah SMP..
Kalaupun sudah tidur pasti dibopong Bapak pulang.
Tiba - tiba ketika bangun pagi - pagi pasti sudah dikamar aja.

Mbah... aku Kangen..
Semoga Allah Melapangkan Kubur Mbah...
Menerima segala amal ibadah mbah
Mempertemukan kita kembali di Syurga Allah.
Aamiin.... Allahuma Aamiin



No comments:

Post a Comment